Selasa, 18 November 2014

MEMELIHARA HEWAN PELIHARAAN

By on 07.37


MEMELIHARA HEWAN
Pada tulisan softskill kali ini saya akan menuliskan tentang salah satu hobi saya  memelihara hewan. Bagi saya memelihara hewan adalah kesenangan tersendiri karena selain bisa menghibur dikala sedang bosan dan juga merupakan sumber inspirasi bisnis yang menjanjikan. Langsung saja saya akan menceritakan beberapa pengalaman saya dalam memelihara hewan. Pertama saya akan membahas tentang memelihara burung. Saya memelihara burung mulai dari usia saya 10 tahun, berawal dari ketertarikan akan keindahan fisik dan suara dari burung tersebut saya langsung saja ikut-ikutan memelihara burung tanpa mengetahui bagaimana cara memelihara burung yang baik dan benar. Akibatnya burung peliharaan pertama kali yang saya pelihara lepas dari sangkarnya. Burung peliharaan saya yang lepas adalah burung parkit. Burung parkit mempunyai paruh bengkok yang kuat dan merupakan burung pemakan biji-bijian. Karena saya salah dalam menempatkan burung parkit dalam sangkar yang terbuat dari kayu, maka burung parkit itu berusaha melarikan diri dengan cara menggigiti jeruji sangkar yang terbuat dari kayu dan akhirnya terbang lepas dari sangkar tanpa sepengetahuan saya ketika saya gantung disamping rumah. Pengalaman tersebut membuat saya belajar bahwa bentuk paruh burung harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum menentukan sangkar yang cocok untuk memelihara burung sesuai dengan bentuk paruh burung yang akan dipelihara. Setelah gagal memelihara burung parkit kemudian saya memelihara burung murai batu. Burung ini adalah burung yang mampu menirukan banyak suara burung berkicau lainnya. Kelebihan lainnya dari burung murai batu adalah burung ini merupakan burung fighter dialam liar dan mempunyai gaya berkicau nyaring dan ngotot serta mencambuk-cambukkan ekornya yang panjang ketika bertemu dengan burung sejenis. Saya sangat senang memelihara burung ini karena burung ini mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Burung ini juga mudah dalam hal pemeliharaan karena makanannya yang berupa voer(makanan burung  berbentuk butiran kecil yang ada dikemasan) dan juga jangkrik yang mudah didapat di kios burung. Dilihat dari peluang  bisnis, burung ini juga dapat menghasilkan penghasilan yang menjanjikan jika dibudidayakan. Sebagai contoh anakan burung murai batu yang berasal dari medan yang berumur 1 bulan saja dipatok antara Rp 1.500.000 – 2.000.000 tergantung dari bibit, bebet dan bobotnya.

1 komentar: